Kamis, Januari 08, 2009

Apa sih Gunanya Belajar Seni – Musik dan Tari?

Banyak orang tua bertanya pada kursus kami mengenai pertanyaan di atas. Baiklah untuk menjawab hal itu, mari kita telaah satu persatu alasan untuk menjawab pertanyaan diatas. Tulisan ini dikumpulkan dari riset pada beberap media yang ada.

Latihan atau pendidikan musik pada usia muda akan sangat membantu perkembangan pada bagian otak tertentu yang digunakan untuk mempelajari bahasa dan daya nalar. Studi yang dilakukan belakangan ini telah menunjukkan bahwa latihan musik dapat mengembangkan kemampuan otak kiri yang dalam tugas sehari-harinya memproses informasi atau bahasa yang masuk ke otak dan pada dasarnya membantu otak tersebut mengalirkan sirkuit tertentu pada otak dengan cara tertentu. Memperdengarkan lagu-lagu yang familiar pada saat menangkap informasi baru cenderung meningkatkan daya tangkap pada anak-anak yang masih muda.

Terdapat pula hubungan yang sangat erat antara musik dan daya nalar spasial (spatial intelligence – kemampuan untuk menangkap informasi tertentu dengan cepat dan dapat membuat gambaran secara mental atas hal-hal yang dilihat). Intelegensia seperti ini, dimana seseorang dapat memvisualisasikan berbagai elemen pada saat bersamaan sangat penting fungsinya untuk banyak hal dari menyelesaikan tugas matematika yang kompleks sampai pada kemampuan untuk mengingat apa saja yang akan diperlukan untuk dimasukkan dalam tas sekolah pada hari itu.

Murid-murid yang belajar musik dan tari cenderung belajar berpikir secara kreatif dan memecahkan masalah dengan cara membayangkan berbagai alternatif solusi yang ada, sehingga menolak ketentuan dan asumsi yang berlaku. Pertanyaan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan seni tidak hanya memiliki satu jawaban yang tepat.

Penelitian belakangan ini menunjukkan bahwa murid-murid yang belajar seni baik itu seni musik atau tari secara keseluruhan mendapat hasil tes ujian standar – SAT dengan nilai yang lebih tinggi daripada anak yang tidak mengikuti latihan atau pendidikan seni. Mereka juga ternyata berhasil mendapatkan nilai yang lebih baik di sekolah mereka.

Suatu pelajaran seni pada dasarnya memberikan gambaran ke dalam mengenai kultur lain dan mengajarkan kepada anak-anak bersikap empati pada orang dari kultur berbeda. Pengembangan sikap empati dan mengerti perasaan orang lain yang bertolak belakang dengan pengembangan sikap tamak dan “yang penting saya duluan”, memberikan pengalaman budaya antar negara yang menyebabkan anak dapat memberikan respek pada ras lainnya pada usia dini.

Anak-anak yang belajar seni musik dan tari dilatih mengenai ketekunan dan keuletan karena mereka belajar bagaimana hal-hal kecil dan detail yang dikerjakan dan diikuti dengan susah payah dapat menjadi suatu yang sangat penting sehingga anak dapat membedakan mana yang karya yang benar-benar bagus dan mana karya yang biasa-biasa saja. Standar-standar ini apabila diaplikasikan pada pekerjaan anak-anak memerlukan tingkat penguasaan yang tinggi sehingga anak pun di minta untuk mengeluarkan segenap kemampuan mereka untuk dapat tampil baik.

Di dalam musik, satu kesalahan adalah kesalahan. Tidak ada istilah yang abu-abu. Dapat diketahui dengan mudah apakah nada instrumennya tepat atau tidak, apakah not nya dimainkan dengan benar atau tidak dan lain-lain. Hanya dengan kerja yang sangat keraslah suatu pertunjukan yang baik dapat dilakukan. Melalui pelajaran musik dan tari, murid-murid belajar bagaimana untuk tetap mempertahankan upaya keras yang terus menerus untuk mencapai kemahiran dan melihat hasil nyata dari upaya mereka.

Pelajaran musik dan tari meningkatkan kemampuan bekerja secara tim dan disiplin diri. Supaya suatu orkestra atau tarian ballet dapat tampil prima, semua pihak yang terlibat harus bekerja sama secara harmonis dengan satu tujuan yaitu pertunjukan yang baik dan setiap anggota mesti berkomitmen untuk mengikuti latihan (rehearsal) dan latihan-latihan yang dilakukan secara rutin.

Musik memberikan anak-anak suatu sarana untuk mengekspresikan diri sendiri. Oleh karena anak-anak zaman sekarang secara umum memiliki tingkat kenyamanan yang lebih baik daripada orang-orang zaman dulu dalam hal memperoleh hal-hal yang dasar seperti, makanan, rumah dan pakaian yang baik, tantangan yang mesti dihadapi adalah bagaimana membuat hidup ini menjadi lebih berarti dan untuk mencapai pengembangan diri yang lebih tinggi dari orang zaman dulu. Setiap orang membutuhkan aktualisasi atas apa yang ia rasakan dan siapa dirinya. Rasa percaya diri adalah salah satu produk sampingan apabila anak anda dapat mengekspresikan dirinya dengan baik.

Pelajaran musik dan tari membangun kemahiran-kemahiran yang nantinya akan sangat diperlukan oleh anak tersebut pada saat memasuki dunia kerja. Pelajaran musik dan tari tersebut memfokuskan dan mementingkan pada aspek “aksi” daripada observasi dan mengajarkan bagaimana murid bisa tampil dimana saja dan kapan saja di dunia. Perusahaan selalu mencari karyawan-karyawan yang multi-dimensional yang memiliki fleksibilitas dan intelektual yang supel seperti yang diajarkan dalam pelajaran musik dan tari sebagaimana yang telah dijelaskan diatas. Di dalam suatu kelas musik atau ballet, murid-murid dapat belajar berkomunikasi lebih baik dan bekerjasama dengan anak-anak lain.

Pertunjukan musik dan ballet mengajarkan anak-anak belia untuk mengatasi rasa takut dan mengambil resiko dalam hidup. Sedikit rasa khawatir adalah hal baik karena hal ini akan selalu muncul di dalam hidup kita. Dengan bisa mengendalikan rasa khawatir tersebut pada usia yang belia, akan memberikan bekal yang besar bagi anak sehingga tidak menjadi penghalang dimasa mendatang dan dapat membangun karakter anak yang kuat dan tahan banting. Pengambilan resiko adalah penting juga dalam hidup kita apabila anak tersebut ingin mengembangkan bakatnya secara maksimum.

Memainkan musik dan menari ballet adalah kegiatan yang menyenangkan. Semakin anak kita menguasai alat musik yang dipelajari atau anak kita makin luwes dan makin banyak mengenal gerakan balet yang indah, mereka akan semakin tertarik pada seni-seni tersebut dan hal ini memberikan suatu kesempatan kepada mereka untuk mempertontonkan kemahiran mereka pada anggota keluarga. Kemampuan untuk dapat bermain musik dan menari ballet tentu akan membuka banyak kesempatan-kesempatan berharga yang dapat memperkaya hidup mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar