Jumat, Januari 02, 2009

BAGAIMANA MENGAPLIKASIKAN FUNGSI MUSIK KLASIK PADA KEHIDUPAN SEHARI-HARI

BAGAIMANA MENGAPLIKASIKAN FUNGSI MUSIK KLASIK PADA KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Ada banyak pandangan yang berbeda mengenai musik namun satu hal yang tidak dapat diabaikan adalah efek musik yang luar biasa pada emosi kita. Ketika seorang bayi lahir, dia sudah bisa langsung beraksi terhadap berbagai jenis musik atau suara yang ia dengar dari sekelilingnya apakah itu suara mainan anak-anak, suara manusia, suara tv dan lain-lainnya. Malah kadang-kadang, ketika kamu mendengar seseorang berteriak atau menjerit kesenangan, secara bersamaan suara tersebut dapat mempengaruhi kamu dan kamu turut pula menjadi gembira.

Sekarang para peneliti telah membuktikan bahwa musik dapat mempengaruhi perkembangan otak pula. Ketika seorang bayi lahir, ia telah memiliki sel-sel otak dalam jumlah miliaran banyaknya dan sejalan dengan waktu sel-sel tersebut terus berkembang dan semakin menguat. Dan berdasarkan penelitian yang dilakukan, telah dapat dibuktikan bahwa anak-anak yang tumbuh dengan mendengarkan lagu-lagu dari musik akan memiliki tingkat konektifitas atas musik yang lebih kuat. Kebiasaan ini dapat mempengaruhi bagaimana cara kamu berfikir, misalnya dengan mendengar musik-musik klasik, kemampuan nalar spasial dapat menjadi lebih baik dan apabila kamu sedang belajar memainkan suatu instrument tertentu, hal ini dapat mempengaruhi cara berpikir kamu dalam memainkan instrument tersebut.

Apakah benar bahwa mendengar musik dapat menyebabkan seseorang menjadi Genius?

Tidak selalu begitu karena musik hanya mempengaruhi beberapa sel-sel otak tertentu yang penting yang mengatur cara-cara berpikir. Setelah mendengarkan musik klasik, seseorang cenderung dapat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan atau tugas spasial (yang berjangka pendek) dengan cepat misalnya seorang dewasa dapat memecahkan satu teka teki silang dengan cepat. Ini karena pola jalur efek mendengarkan musik klasik pada otak adalah sama dengan jalur yang digunakan tujuan nalar spasial (spatial reasoning). Dengan mendengarkan musik klasik, jalur ini menjadi terbuka dan menjadi siap untuk dapat digunakan. Ini yang menyebabkan kita dapat memecahkan teka-teki silang dengan cepat namun efek ini hanya berlaku sesaat setelah mendengarkan musik tersebut dan efek tersebut tidak terus menerus. Memainkan suatu instrument tertentu juga akan mempengaruhi kemampuan spasial sesuai dengan hasil riset yang telah membuktikan bahwa latihan main musik dapat mempengaruhi dan menciptakan jalur-jalur baru pada otak manusia.

Kegunaan Musik Klasik

Struktur yang ada pada musik klasik memang lebih kompleks dibandingkan dengan jenis musik lainnya seperti rock, jazz atau pop. Anak-anak yang mendengarkan musik-musik klasik dapat dengan mudah mencerna struktur musik klasik yang telah pernah ia dengar. Oleh karena itu, mendengarkan musik-musik klasik mempunyai efek yang berbeda dibandingkan dengan mendengarkan jenis musik lainnya.

Bagaimana mendidik anak agar suka musik klasik?

Kita dapat dengan mudah membantu anak-anak kita untuk dapat mencintai musik-musik klasik dengan cara memainkan musik-musik klasik tersebut pada setiap kesempatan yang memungkinkan, menyanyikannya pada anak kita, melantunkannya pada anak kita, mengajarkan musik klasik sedini mungkin pada anak, atau juga memainkan sendiri musik klasik tersebut untuk diperdengarkan pada anak kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar