Sabtu, Januari 10, 2009

PERDENGARKANLAH MUSIK KAMU PADA SEMUA ORANG

Pernah kamu merenungkan, bagaimana beberapa orang musisi pendatang yang dapat menyebabkan begitu banyak orang menyukai musiknya? Artikel ini mencoba memberikan beberapa tip singkat mengenai bagaimana kamu dapat memulai memposisikan diri kamu di dunia industri. Hasilnya pasti akan sesuai dengan usaha yang kamu lakukan.

Musik sudah menjadi gaya hidup semua orang, mendengarkannya merupakan suatu pengalaman berkesan pada kita semua. Tapi begitu, kamu ingin menggunakan musik sebagai cara untuk mendapatkan uang dan menjadikannya sebagai suatu profesi, kamu perlu melakukan usaha-usaha tambahan agar dapat sukses dari jenis jasa ini. Popularitas musik sudah merupakan rahasia umum. Seseorang dapat menjadi sangat terkenal, kaya, dikagumi banyak orang, didekati banyak perusahaan untuk merestui suatu produk tertentu, banyak mendapatkan sponsor dll. Begitu ada suatu pertunjukan program seleksi musik di acara TV, ratusan bahkan ribuan orang antre di lorong-lorong panjang untuk dapat berpartisipasi dan juga oleh karena itu penjualan album musik telah memecahkan banyak sekali rekor-rekor penjualan tahun-tahun sebelumnya sehingga ini merefleksi bahwa industri musik adalah industri yang sangat besar karena konsumsinya dilakukan oleh semua orang dimuka bumi. Musik sudah menjadi sesuatu bagian yang tidak terpisahkan dari hidup seseorang dan ini adalah sesuatu yang positif. Mari kita lihat apa hal-hal kecil yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan musik kamu. Sebagaimana peribahasa yang ada, diperlukan begitu banyak tetesan air yang diperlukan untuk memenuhi suatu lautan, namun seseorang perlu melakukan langkah awal itu.

Selalu ingatlah bahwa musik kamu harus bisa menjangkau sebanyak mungkin orang dan dapat didengarkan dengan baik dengan cara yang mudah sehingga target pendengar kamu dapat terakses dalam jumlah yang banyak. Bukan sebaliknya dimana pendengar mencari kamu. Oleh karena itu, kamu harus melakukan upaya-upaya tertentu setidak-tidaknya untuk periode-periode awal sehingga orang-orang dapat dengan gampang mengakses musik kamu. Mereka harus bisa melihat potensi seni kamu dan kehebatan kamu tanpa banyak rintangan dan upaya yang sulit. Pertanyaannya sekarang, apakah memungkinkan melakukan hal ini tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar? Jawabnya sangat bisa.

Pertama, kamu bisa buat klub musik kamu sendiri. Pertontonkanlah kebolehan kamu sesering mungkin di tempat-tempat umum, sekolah, universitas dan jangan lupa memakai teman kamu yang paling akrab – internet. Apabila kamu ingin hasilnya lebih baik lagi, usahakan agar kamu dapat meng-upload musik kamu pada berbagai situs internet seperti iTunes dll sehingga orang-orang dapat mengetahui dan menikmati musik kamu dengan mudah dalam waktu yang cepat. Kamu juga dapat mengijinkan host situs-situs tersebut untuk merekam musik dari album kamu tanpa usaha yang terlalu merepotkan.

Penjualan musik-musik digital dewasa ini telah menjadi cara penjualan yang baru di industri musik. Semakin banyak orang yang ingin men-download musik ke dalam iPods, MP3 dan jenis player lainnya sekarang ini. Ini menghemat banyak sekali waktu dan usaha dan tentu ini sangat mudah dilakukan. Jadi kecuali kalau kamu memasukkan musik kamu pada situs-situs musik, kamu tidak akan pernah dapat merangkul pendengar yang kamu harapkan. Untuk masa sekarang ini, upaya ini sudah banyak dilakukan. Ingatlah bahwa tantangannya untuk kamu pada tahap kamu sebagai pemula ini adalah bagaimana menciptakan hype dan buzz serta aura tertentu mengenai bakat kamu. Lebih baik lagi apabila kamu dapat membuat rekaman musik digital dari musik kamu dan dijual langsung di website. Banyak talenta-talenta baru di dunia musik yang telah menikmati ketenaran dari cara seperti ini.

Dengan mengizinkan orang-orang men-download musik kamu secara digital, maka kamu akan menyentuh kehidupan banyak orang dengan banyak cara. Dengan cara ini pula, memungkinkan banyak orang yang telah mendengarkan musik kamu di mana pun mereka berada untuk mendapatkan alamat kamu dan dapat mengontak kamu dengan mudah.

Banyak orang yang telah mengesampingkan cara marketing lama seperti membuat CD karena dianggap sudah kuno, tapi menurut saya tidak. Penggunaan CD walaupun pada akhirnya mungkin akan kalah penjualannya dibandingkan dengan penjualan melalui rekam musik digital, mungkin karena harga CD lebih mahal daripada harga yang ditawarkan oleh situs-situs internet atau karena produksi CD sedikit lebih rumit dari pada melalui rekaman digital namun sekarang ini penjualan melalui CD masih memegang peranan yang penting apalagi di Indonesia yang tingkat melek IT-nya masih agak rendah dibanding dengan negara maju. Jadi tetap cari carilah toko musik yang bersedia kamu titipkan CD kamu.

Tujuan utamanya adalah tetap supaya sebanyak mungkin orang dapat menikmati musik kamu jadi dengan demikian hal ini memberikan kamu kesempatan untuk dapat mempertontonkannya kepada banyak orang bukan hanya kepada orang-orang yang lewat toko musik yang menjual CD kamu. Apabila musik kamu bagus dan dapat diterima, orang-orang dapat kembali ke situs yang memuat musik kamu untuk mendengarkannya kembali. Selain hal itu, stasiun-stasiun radio lokal dan disc jockey klab malam yang ada di tempat kamu tinggal mungkin adalah teman baik kamu kedua yang harus kamu samperin untuk menciptakan buzz yang diinginkan mengenai musik kamu. Orang-orang yang bekerja pada sektor inilah yang akan membantu kamu untuk memperdengarkan musik kamu tanpa usaha yang terlalu banyak. Begitu orang-orang mulai memperhatikan kamu dan mulai menikmati musik kamu, kamu akan lihat bagaimana penjualan musik kamu akan meningkat. Pengalaman yang menarik bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar