Kamis, Januari 01, 2009

Tips Sederhana untuk Mereka Yang Ingin Punya Karir di Bidang Musik

Tips Sederhana untuk Mereka Yang Ingin Punya Karir di Bidang Musik

Apabila kamu ingin mengambil jalan alternatif untuk memulai karir dibidang music, sekarang ini kamu dapat memilih beberapa opsi. Ini adalah petunjuk singkat dan sederhana untuk membantu kamu supaya dapat memberikan hasil yang lebih baik dan memberikan efek yang baik kepada pendengar kamu dan menghasilkan uang.

Dengan semakin populernya musik dewasa ini, para pecinta musik semakin dimanjakan oleh industri ini. Siapa yang tidak ingin menjadi terkenal di bidang ini? Misalnya menjadi penyanyi yang terkenal, pemain drum yang terkenal, pemain piano atau biola yang terkenal? Telah banyak orang-orang beken yang sudah menjadi terkenal dan mendapat banyak pujian dan banyak penghasilan. Selain itu, kamu bisa mendapat banyak fans yang selalu mengikuti kamu, menjadi trendsetter bagi pengikut kamu dan lain-lain. Kehidupan ini menjadi sangat indah dan luar biasa. Semua itu bisa menjadi kenyataan apabila kamu siap memulai karir dibidang ini. Namun kamu mesti ingat bahwa artis kelas papan atas pun harus memulai dari posisi awal dan dengan itu kamu hanya mengikuti apa yang telah dilakukan oleh orang-orang terkenal. Dengan membaca ini, kamu akan mendapat sedikit gambaran mengenai industri ini.

Apabila kamu masih cecere dalam dunia musik, jangan kecil hati. Mulai dari awal. Ingat bahwa semua itu bermula dari praktek-praktek music yang telah kamu lakukan selama ini berkad ketekunan kamu maupun dorongan dari orang tua. Ini adalah bekal kamu yang sangat berharga dikemudian hari. Kemudian kamu bisa mencoba untuk mulai merekam musik kamu sekarang. Kunjungilah perusahaan rekaman yang kecil di sekitar tempat kamu tinggal dan mintalah penjaga tempat itu untuk merekam musik kamu dan mintalah pada yang bersangkutan untuk memainkan album kamu sepanjang hari. Kamu bisa menggunakan software produksi musik untuk membuat musik kamu menjadi lebih menggigit. Orang-orang atau pendengar akan suka dengan musisi yang bisa membuat koneksi dengan mereka, yang bisa mendengar ide-ide mereka dan yang bisa memberikan getaran positif dalam kehidupan mereka. Apabila rekaman sudah dilakukan dan dirasa sudah cukup matang, tampilkanlah diri anda pada toko-toko yang menjual album anda. Mereka atau penjaga toko akan sangat menghargai jerih payah anda karena itu berarti akan meningkatkan penjualan album mereka. Anda buatlah sendiri leaflets dan brosur anda dan mulailah membagikan brosur-brosur tersebut di toko-toko itu kepada para pengunjung. Mintalah penjaga toko itu untuk memainkan musik kamu sepanjang hari sebagai imbalan anda mau tampil ikut serta dalam usaha meningkatkan penjualan di toko itu. Apabila tidak bisa dimainkan sepanjang hari, mungkin mintalah agar musik kamu dimainkan pada saat sedang ramai. Seperti pada saat makan siang atau makan malam. Dan juga mintalah CD kamu itu dibungkus dengan rapid an tempatkanlah ditempat yang gampang diraih dan dilihat pengunjung toko. Semua artis yang terkenal sekarang ini memulai usaha dari nol dan ini adalah suatu proses yang harus dilakukan sebagai pemula. Mainkanlah musik dan minta pengunjung untuk itu terlibat dalam cerita sukses anda. Percayalah bahwa kamu dapat menjual CD-CD kamu dengan cepat kepada para pengunjung dan mendapat simpati pendengar dengan cepat daripada menunggu mereka untuk membeli CD kamu karena mereka tidak mengenal kamu.

Satu hal lain yang dapat kamu lakukan adalah meminta persetujuan pihak penyelenggara baik itu di hotel maupun ditempat-tempat umum untuk dapat memainkan musik kamu di tempat mereka. Sebagai pendatang, kamu harus melakukan ini untuk dapat menjadi terkenal karena apabila tidak ada orang yang mendengar musik kamu, tidak ada yang akan suka atau tahu bahwa kamu itu ada. Apabila tidak ada yang membayar kamu sebagai pendatang, tidak apa-apa. Anggaplah bahwa kamu itu sedang latihan. Suatu hari pasti akan ada hasilnya. Banyak sekali artis di Indonesia dan mancanegara yang telah melakukan banyak sekali “live performances” untuk membangun brand mereka dengan para pendengar. Kamu juga bisa melakukan hal seperti ini atau bahkan lebih. Yang penting adalah kamu tetap fokus dan melakukannya dengan dilakukan terus menerus. Suatu saat mungkin kamu akan disewa untuk memainkan musik kamu atau ada produser yang melihat keuletan dan bakat kamu. Usahakan agar CD dan album kamu tetap tersedia dibanyak tempat dan gampang dilihat dan diambil.
Dengan cara ini, kamu sebenarnya telah melakukan promosi yang sangat personal kepada khalayak umum baik melalui permainan instrumen kamu ataupun menyanyi. Lebih baik apabila musik yang kamu mainkan itu adalah musik kamu sendiri. Buatlah pendengar kamu menjadi lebih senang dan mereka akan suka dengan ini. Libatkan mereka dan buatlah mereka tertawa. Yang penting, buatlah mereka supaya dapat tertarik dengan kamu. Bertindaklah seperti seorang disc jockey di sela-sela acara kamu untuk dapat memberikan warna lain dari bakat kamu. Berilah CD-CD kamu secara gratis, supaya mereka dapat memainkan lagu-lagu kamu di mobil mereka pada saat menyetir. Ingatlah bahwa publisitas yang gratis itu tidak akan sia-sia. Ini akan membuat kredensial kamu semakin diketahui oleh banyak orang dan memberikan efek positif yang baik.

Musik yang menggunakan ketukan kaki (Foot tapping music), apakah itu dilakukan secara akustik atau diberikan amplifier sedikit, sangat populer di banyak negara di dunia. Termasuk juga acapella, seriosa dll. Menjadi entertainer dan menjadi fun itu adalah kegiatan yang baik untuk membuat orang bahagia dan senang. Jadilah seorang entertainer. Sentuhlah hati orang lain dengan simphoni dan string musik kamu. Buatlah mereka suka dengan musik kamu dengan performance yang baik dan sikap yang bersemangat dan hangat.

Kamu juga bisa menggunakan fasilitas youtube untuk mempopulerkan musik kamu. Namun saya sarankan supaya kamu mesti punya jenis musik yang cukup aneh dan unik agar dapat menjadi terkenal seperti ini. Ini karena fasilitas youtube adalah untuk skala global dan tidak begitu cocok untuk pendengar Indonesia yang belum begitu mendapatkan banyak akses ke komputer.

Sebagai seorang music performer, pilihannya hanyalah antara memperdengarkan musik kamu kepada khalayak umum atau duduk dengan tenang dirumah. Ini adalah pilihan yang jelas. Memainkan musik secara full time adalah suatu pilihan sekarang dan pada saat ini sangat mungkin mencari ceruk pasar untuk musik kamu dengan disertain sikap kamu yang positif dan mendapatkan penghasilan yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar