Jumat, Januari 09, 2009

Berbagai Jenis Jender Musik Yang Berbeda

Apakah perbedaan masing-masing jender musik yang ada dan dimainkan di dunia blantika musik kita? Cobalah baca tulisan berikut ini yang memberikan sedikit gambaran mengenai jender musik dari musik klasik ke hip hop ke jazz dan artikel ini akan membantu anda untuk belajar tipe-tipe musik tersebut.

Sebenarnya agak sulit untuk mengkategorikan jenis-jenis musik yang ada dewasa ini namun selalu saja kaset-kaset atau album yang dikeluarkan mengaku bahwa mereka mengacu pada satu jender musik tertentu. Supaya bisa benar-benar menikmati jenis dan jender musik yang berbeda-beda itu, adalah penting bagi kita untuk mengerti semuanya termasuk mengerti semua tipe-tipe musik yang dominan yang menguasai dunia blantika musik dunia dan Indonesia. Kamu dapat memutuskan mana dari sekian banyak jenis tersebut yang paling cocok untuk kamu buat rekaman atau buat latihan ataupun untuk sekadar kamu dengarkan.

Salah satu jenis musik yang paling dominan dan paling penting di dunia musik adalah musik klasik. Ini jenis musik yang memerlukan latihan yang panjang dan latihan yang keras karena jenis musik dengan tingkat kompleksitas yang tinggi dan memerlukan waktu yang lama untuk dipelajari. Musik klasik tidak sederhana dan bagi penyanyi yang ingin dadakan tenar atau penyanyi kamar mandi, tentu ini bukan musik yang cocok. Musik jenis ini perlu bimbingan yang tepat dan latihan yang panjang serta penguasaan tekhnik yang tinggi. Hampir semua pertunjukan opera menggunakan jenis musik ini dan semua diva-diva yang menyanyikan jenis lagu-lagu klasik ini sangat dihormati dan disanjung karena tingkat dan kemampuan penyanyi tersebut. Musik klasik sangat digemari dan ditekuni dengan mendalam oleh orang-orang yang mencintainya dan apabila kamu tertarik pada jenis musik ini, maka kamu perlu mencari seorang pembimbing untuk membantu anda memainkan musik ini atau menyanyikan musik ini dan mengembleng anda dengan keras karena akan menyulitkan bagi anda untuk belajar sendiri. Satu jenis musik tipe yang lain berakar dari jenis musik suku-suku tertentu yang telah ada untuk waktu yang lama. Musik dari suku-suku tertentu ini terdapat pada suku tertentu dan tidak perlu peralatan studio yang terlalu mahal untuk dapat menciptakannya. Musik suku seperti musik suku-suku Afrika, Hawai dan Indian di Amerika pulnya kualitas-kualitas unik tertentu yang melekat pada jenis musik ini. Banyak musik suku Afrika yang punya irama cepat sedangkan musik suku Hawai banyak juga yang musiknya meriah dan bersemangat. Musik suku Indian Amerika punya unsur atau kualitas yang magis sehingga dapat mempengaruhi jiwa seseorang. Sama halnya, jenis musik orang-orang dari suku Nordic atau Arab punya karakter jenis musik tradisional masing-masing yang dapat membuat seseorang menjadi sangat spontan dan mempengaruhi emosi. Apabila anda suka menari dengan menggunakan musik yang simple, musik dengan nuansa alam, maka musik tradisional dari suku-suku ini mungkin cocok bagi anda. Musik jenis Hip-hop termasuk musik yang cukup baru dibandingkan dengan jenis-jenis musik veteran yang kita sebutkan diatas. Namun jenis musik ini telah mendapatkan sambutan yang hangat oleh banyak kalangan muda dengan skala yang mengglobal. Celana dengan pinggang yang rendah (low waist pants), gerakan tubuh yang meliuk-liuk, perilaku yang “cool”, permainan kata-kata yang ritmik – semuanya tergabung sekaligus memberikan nuansa hip hop yang sangat kental dengan ke-khas-annya tersendiri. Apabila anda ingin dianggap sebagai orang yang “hip” dan “cool”, mungkin anda ingin coba beberapa musik atau lagu hip-hop yang ada atau dapat men-download-nya dari website ke dalam iPod anda.

Salah satu jenis jender musik lain yang terkenal adalah Rock. Rambut panjang berewokan, gitar ditangan, kesan urakan, suara yang keras dan agak serak adalah karakter dan fitur utama dari musik Rock. Drama dan suasana yang dihasilkan oleh jenis musik rock ini sangat sulit dilupakan. Jenis musik ini yang berirama cepat dan agresif ini dengan penampilan yang agak ‘serampangan’ ini sudah terkenal sejak Elvis Presley mulai terkenal di zaman lalu dan sejak itu menjadi musik yang paling populer di seantero dunia. Apabila anda adalah seorang anggota rock band, anda bisa mempunyai tiket untuk mendapatkan ketenaran dengan cepat.

Kamu dapat pula memilih jenis musik yang agak sederhana dan jelas musik yang lebih lembut dari yang lain, anda bisa memilih musik country. Jenis musik lain adalah jazz yang merupakan salah satu jenis musik yang sangat mempengaruhi jiwa dan kita dapat terbuai terlena dengannya apalagi jenis yang pecahannya jenis “blues” yang sesuai dengan namanya menspesialisasikan pada lagu-lagu yang bernada sentimental dan sedih. Tarian jazz cukup cocok bagi kamu yang ingin menjadi disc jockey. Jenis musik folk adalah salah satu jenis musik tradisional juga yang disebut pula sebagai musik rakyat sehingga telah diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya dan merupakan salah satu jender musik yang terkenal dan disukai oleh banyak pihak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar